Home » , , » Jangan Remehkan Sakit Kepala

Jangan Remehkan Sakit Kepala

Written By a on Selasa, 02 Juli 2013 | 7:55:00 PM


Sekitar 40 persen penderita sakit kepala menderita nyeri kepala berat, berulang, atau tak tertahankan. Penyebab nyeri kepala sangat banyak, namun yang paling sering adalah karena stres dan hidung tersumbat. Meski begitu terdapat beberapa penyebab nyeri kepala yang jarang diduga.
  1. Telepon Menggunakan telepon dengan menjepit benda tersebut diantara telinga dan bahu Anda yang berlangsung lebih dari beberapa menit dapat menyebabkan ketegangan pada leher Anda dan menyebabkan sakit kepala karena tegang. Gunakan headset hands-free bila memungkinkan.
  2. Kursi Jika kursi Anda tidak mendukung punggung Anda, hal ini dapat menyebabkan ketegangan dan sakit kepala, kata terapis fisik New York City, Karen Litzy.
  3. Kopi Meminum lebih dari 2 cangkir kopi perhari berisiko mendapatkan sakit kepala. Solusinya, cobalah ganti kopi Anda dengan kopi tanpa kafein.
  4. Komputer Menatap layar komputer secara terus menerus dapat menimbulkan ketegangan mata, yang dapat menyebabkan sakit kepala. Berpalinglah dari layar komputer Anda selama beberapa menit tiap jamnya untuk mengurangi tegangan mata Anda.
  5. Permen Karet Mengunyah permen dalam waktu lama akan menyebabkan tekanan pada sendi dan otot pada pertemuan tulang rahang dengan tengkorak kepala sehingga memicu rasa nyeri kepala. Selain itu, permen yang mengandung pemanis buatan seperti aspartam juga bisa memicu sakit kepala.
  6. Tas Tanpa kita sadari, tas yang kita bawa bisa memiliki beban beban yang berat. Hal itu bisa menyebabkan nyeri leher dan kepala. Meringankan beban Anda atau membagi-bagi letak tas di atas bahu yang berlawanan merupakan solusi terbaik untuk meringankan nyeri leher dan kepala Anda.
Mitos bahwa sakit kepala merupakan pertanda kanker otak atau tumor otak tidaklah benar. Nyatanya 99% sakit kepala tidaklah disebabkan oleh Kanker otak. Sebaliknya sakit kepala paling sering disebabkan oleh stress, migrain atau adanya sebab lain seperti sinusitis dan lain-lainnya. Namun pada sebuah penelitian di rumah sakit Miami,USA, pada setiap 4000 orang anak yang mengalami sakit kepala,ternyata ada 1 orang yang menderita tumor otak.

Akan tetapi tentu saja tidak sesederhana itu untuk menentukan apakah sakit kepala anda disebabkan oleh kanker otak. Bahkan 50-60 % penderita tumor otak justru tidak mengalami sakit kepala. Berikut adalah beberapa gejala yang bisa diwaspadai sebagai gejala tumor otak,namun tidak memastikan anda menderita tumor otak. Sebab untuk mendiagnosa penyakit tumor otak diperlukan serangkaian pemeriksaan medis dokter secara teliti dan akurat. Gejala yang perlu segera dikonsultasikan ke dokter :

  1. Sakit kepala yg anda rasakan ini adalah sakit kepala pertama kali yg anda rasakan dalam hidup anda. Jika anda biasanya tidak pernah sakit kepala atau sakit kepala yg anda rasakan saat ini berbeda jenisnya dengan sakit kepala biasanya,maka segeralah berkonsultasi ke dokter untuk memastikan penyebab dan mengatasinya.
  2. Penderita tumor otak biasanya tidak mengalami 1 macam gejala sakit kepala saja, tetapi ada gejala lainnya yg menyertai seperti mual, muntah, kejang, sulit berbicara, kelumpuhan/kelemahan di tungkai atau ada gangguan penglihatan.
  3. Biasanya penderita tumor otak merasakan sakit kepala dipagi hari yg disertai dg mual dan muntah,namun gejala tersebut mereda dg sendirinya di siang hari. Justru sakit kepala yg berlangsung sepanjang hari,bahkan memburuk di sore hari biasanya tidak berhubungan dengan adanya tumor otak melainkan terkait dengan stress harian biasa.
  4. Sakit kepala anda semakin memburuk setiap harinya selama berhari-hari,berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Jika anda merasakan sakit kepala yg demikian,hal tersebut merupakan peringatasn akan perlunya konsultasi ke dokter segera.
  5. Anda merasa ada yg tidak lazim dengan sakit kepala anda. Anda bisa saja tidak mengalami gejala sakit kepala yg seperti dijelaskan di poin sebelumnya. Namun anda merasakan ada yg tidak beres pada diri anda, segeralah konsultasikan ke dokter. Ikutilah petunjuk pemeriksaan dokter dengan baik dan bila memang dokter sudah memastikan bahwa tidak ada tumor otak maka anda perlu berlega hati dan jangan terus memikirkan bahwa anda menderita tumor otak.
Solusi jangka panjang untuk menghilangkan rasa sakit kepala sebelum tak terkendali.
  1. Meminum pereda nyeri sakit kepala.
    Kebanyakan obat penghilang rasa sakit tidak akan bekerja sebelum 30 menit, jadi mengambil dosis sesegera mungkin setelah Anda mulai merasa sakit kepala datang adalah kebijakan yang tepat. Bahkan jika Anda sudah terlanjur mengalami sakit kepala yang sangat dalam, dosis cepat ibuprofen, asetaminofen, naproxen, atau aspirin dapat menjadi pilihan utama.
  2. Minum banyak air.
    Dehidrasi dapat menyebabkan penyakit kepala, terutama jika Anda sudah baru muntah atau Anda pusing. Minum segelas penuh air segera setelah kepala Anda mulai sakit, dan mencoba untuk terus minum teguk kecil sepanjang hari. Anda secara bertahap akan merasakan sakit mulai mereda. Hindari minum apa pun yang dapat menyebabkan dehidrasi, seperti kopi, alkohol, dan minuman yang sarat dengan gula.
  3. Cari tempat yang tenang, gelap untuk istirahat. 
  4. Jika Anda bisa, cobalah untuk berbaring dan rileks selama minimal 30 menit. Tutup tirai, mematikan lampu, dan fokus pada pernapasan Anda.
  5. Meminta keluarga atau teman anda agar tenang.
    Jika anda terpaksa harus beristirahat sekitar orang lain, jelaskan bahwa Anda memiliki sakit kepala dan meminta mereka untuk tenang dan meninggalkan Anda. Jika Anda ingin tidur atau tidur siang, jangan terlalu lama.
  6. Mengatur suhu kamar.
    Beberapa orang hanya dapat bersantai di ruangan yang sejuk, sementara yang lain lebih memilih selimut besar atau ruang pemanas. Cobalah untuk meniru kondisi apa pun yang terbaik bagi Anda ketika Anda pergi tidur di malam hari.
  7. Hindari memulai ketegangan sakit kepala lebih dini.
    Pastikan tempat tidur atau sofa Anda nyaman dan kepala Anda didukung dalam posisi yang tidak menyebabkan ketegangan leher Anda.
  8. Gunakan kompres dingin.
    Menempatkan sesuatu yang lembut dan dingin di atas dahi Anda dapat membantu menyempitkan pembuluh darah, yang bisa mengurangi rasa sakit dari sakit kepala. Ini bekerja sangat baik jika masalah terkonsentrasi di pelipis atau sinus.
  9. Basahi kain lap dengan air dingin, dan taruh di atas dahi Anda. Rendam lagi dengan air dingin jika sudah terasa tidak dingin.
  10. Pijat kulit kepala, leher dan lobus telinga.
    Melakukan beberapa pijatan ringan dapat mengalihkan perhatian Anda dari rasa sakit kepala, serta meningkatkan sirkulasi dan meredakan ketegangan. Untuk pijat dasar, lembut tekan jari Anda di atas pelipis, dan memindahkan mereka dalam lingkaran lambat.
  11. Menikmati seks (Khusus bagi yang sudah menikah).
    Tidak hanya dapat mengurangi stress dan tekanan darah, seks juga merangsang pelepasan hormon oksitosin, yang pada gilirannya meningkatkan pelepasan endorfin, penghilang rasa sakit alami tubuh.
  12. Berlatih teknik relaksasi.
    Orang-orang di seluruh dunia menggunakan berbagai trik untuk mengalihkan diri dari rasa sakit. Jika Anda berada di tengah-tengah sakit kepala, jangan khawatir tentang belajar sesuatu yang baru, apa pun yang paling dekat dengan zona kenyamanan Anda. Beberapa teknik relaksasi yang menjadi pilihan adalah meditasi, berdoa, pernapasan dalam dan mendengarkan suara -suara alam (air terjun, hujan dll).

0 komentar:

Posting Komentar

  on Facebook
Follow me on Twitter
Recommend me on Google Plus
Subscribe me on RSS